Petunjuk praktis pembuatan PCB (printed circuit board) dalam 45 menit dengan kertas majalah atau bahan lainnya.
Membuat PCB pekerjaan yang saya paling tidak suka. Kotor dan makan waktu. Sebenarnya bagian mendesain PCB cukup praktis, sudah banyak program tersedia. Tapi proses mencetak  etch-resist dan etchingnya masih bertele-tele.

Waktu masih SMP dulu,  saya menggambar PCB pakai spidol. Waktu itu sudah ada photoresist semacam Positiv 20, tapi sulit membuat photomask dijaman pra computer itu. Sekarang printer laser & inkjet sudah banyak, jadi lebih gampang membikin etch-resist.

Ada beberapa alternatif membuat etch-resist, yang paling bagus adalah etch-resist dicetak langsung ke PCB. Saya biasa pakai flatbed inkjet printer. Proses cepat dan resolusi tinggi, kualitasnya setara PCB commercial grade. Cocok kalau perlu membuat banyak PCB. Biasanya  saya mencetak di Widji. Tapi ini berarti saya harus pergi kesana, dan kadang harus antri kalau printernya dipakai.

Kalau hanya perlu 1 PCB, saya lebih suka memakai laser printer dirumah.  Di toko elektronik banyak yang menjual film biru, maksudnya film yang berwarna biru itu, tapi hasilnya kurang bagus. Alternatif yang lebih gampang adalah film printer inkjet atau kertas majalah. Metode ini sudah saya coba sampai track ukuran 0.10” .

Kertas majalah harus yang glossy, makin gampang hancur kalau basah makin baik. Biasanya majalah yang halamannya keriput kalau dibaca di wc, cocok buat ini. Setelah mencoba beberapa majalah dan brosur, hasil paling baik saya dapat dari majalah Tempo.  

Teman saya lebih suka film inkjet printer, karena hasilnya tidak mblobor di PCB. Sedang.saya sebaliknya. Hasilnya film inkjet justru mblobor. Setelah beberapa percobaan, ternyata cara menyetrika kami berbeda. Jadi perlu percobaan buat mendapat suhu dan kekuatan menekan waktu menyetrika.

Silakan ikuti petunjuk dibawah ini.
Siapkan Kertas

Hampir semua kertas glossy bisa dipakai. Tiap ketebalan kertas perlu tingkat panas berbeda. Kertas brosur kartu kredit dan Carrefour juga bisa dipakai. Tapi saya lebihsuka majalah, jadi lain kali gampang diingatnya. Saya lebih suka kertas tipis, karena lebih cepat hancur diair. Beberapa teman bisa mendapat hasil yang bagus dari film inkjet. 

Setelah mendapat kertas yang tepat, potong kertas biasanya ukuran A4. Rapikan pinggiran kertas karena  pinggiran yang tidak rata bisa bikin printer macet.
Potong PCB
Gores PCB
Siapkan PCB

Potong PCB  sesuai ukuran. Saya biasanya mengores kedua sisi dengan cutter. Sisi tembaga dan sisi lainnya digores beberapa kali dengan cutter

Buat PCB
Patahkan PCB
Jepit satu di pinggir meja pakai penggaris besi, dan patahkan. Biasanya PCB akan patah dengan rapi

Bersihkan PCB
Bersihkan
PCB harus bersih terutama dari minyak, karena toner akan sulit menempel. Bersihkan PCB  dengan  yang biasa buat cuci piring itu, entah apa namanya. Saya lebih suka  yang dari metal, tapi yang warna hijau juga bisa dipakai. 

Pertama gosok PCB sampai mengkilat. Setelah itu cuci pakai sabun, kemudian bersihkan dengan kapas dan alkohol.

Photomask PCB
Cetak mask
Cetak / fotocopy

Cetak kertas seperti biasa di laser printer. Kalau ada setelan kualitas di laser printer, pilih kualitas paling baik. Semakin tingi kualitas semakin banyak tinta yang ditaruh dikertas. Selain laser printer, anda bisa juga memakai mesin fotocopy.


Panaskan PCB
Transfer ke PCB
Transfer ke PCB

Setel sterika ke panas menengah. Saya biasa pakai setelah acetate. Kalau terlalu panas tintanya akan mblobor.




Panaskan PCB sekitar 5 – 10 detik, waktunya tidak terlalu kritis. Taruh kertas, dan setrika mulai dari ujung. Setrika selama 1-5 menit, tergantung besar PCB. Waktu tidak terlalu kritis, terlalu lama juga tidak apa2. Yang penting semua bagian terkena setrika. 

Bagian yang sering gagal adalah bagian pinggir. PCB akan melengkung kalau kena panas. Jadi setrika harus dimiringkan sedikit didaerah pinggiran. Bisa juga ditaruh 3-4 lembar lapisan kertas lagi, jadi semua bagian akan dapat tekanan yang merata.

Setrika jangan ditekan keras, karena  akan menyebabkan tinta mblobor.

Rendam PCB
Perendaman
Rendam  PCB

Setelah disetrika kertas akan lengket ke PCB. Rendam PCB di air. Buat majalah Tempo, sekitar 10 menit kertas sudah mulai hancur. Setelah 10 menit, proses bisa dipercepat dengan perlahan2 menggosok kertas. Film inkjet biasanya lebih lama, bisa beberapa jam.

Pembuatan PCB
PCB setelah 10 menit
Setelah kertas terkelupas, bersihkan sisa2 yang masih menempel. Saya biasa gosok perlahan dengan jari.

Etch PCB

Siapkan campuran FeCL. Saya biasa memakai takaran 1 ons buat 1 liter air. Rendam PCB dalam larutan FeCL. Selama merendam wadah harus selalu digoyang2kan. Kalau tidak pengikisan tembaga bisa tidak merata.

Setelah semua tembaga habis, cuci PCB dengan air bersih.  Tinta yang tersisa bisa dihilangkan dengan acetone, atau alkohol. Kalau pakai alkohol harus digosok dengan keras.

Sekarang PCB sudah siap, tinggal di bor.

Seluruh proses bisa selesai dalam waktu 45menit – 1 jam. Untuk pertama kali mungkin lebih, terutama kalau harus mencoba2 kertas yang tepat, suhu setrika dll.
PCB
PCB selesai

Hasil akhirnya bisa dilihat difoto samping. Ketebalan track 0.10 inch. Tidak ada track yang menempel. Beberapa track saya lebarkan dengan spidol, karena perlu pad tambahan but testing.

Catatan :
Alamat Widji : Jl Dr Muwardi II 43, Grogol, Jakarta.
Author:

 


Comments




Leave a Reply


© Copyright www.wiratama.net - All Rights Reserved