digital - digital
 
Rangkaian elektronik indikator status pekerjaan. Solusi berbasis hardware (TTL).

Sebuah bengkel mobil memiliki workshop yang terpisah jauh dari kantor/tempat penerimaan. Setiap order pekerjaan baru akan masuk dikantor. Supervisor yang berada dikantor akan melakukan pemeriksaan awal, lalu memberikan estimasi lama pekerjaan. Mobil dan estimasi waktu lalu dikirim workshop. 

Sistim ini dapat juga dipakai sebagai pemanggil perawat di rumah sakit.

Awalnya dari sebuah taruhan, apakah ada solusi tanpa programming untuk problem ini. Sebagai seorang programmer, ide yang  pertama muncul adalah memakai microcontroller. Tapi programming adalah serangkaian statemen logic, jadi secara teoritis semua program bisa digantikan dengan AND, OR dan NOT gate.
Kadang tehnisi menghadapi masalah yang memerlukan bantuan supervisor. Untuk itu supervisor dan management perlu mengetahui status di workshop. Menelpon tidak dimungkinkan, karena supervisor selalu berada diluar ruangan (tempat penerimaan & inspeksi awal). 

Untuk itu diperlukan alat untuk menunjukan status workshop yang dapat dilihat dari jauh. Lokasi status akan berada dikantor, sehingga management dapat langsung melihat kondisi workshop. 

Ada 4 status yang diperlukan:
Hijau – Workshop sibuk dan tidak ada masalah
Kuning – Kemungkinan pekerjaan terlambat
Merah – Masalah, tehnisi memerlukan bantuan kepala workshop.
Semua lampu mati – tidak ada pekerjaan
Sequential Logic

Sequential Logic

Desain Sistim TTL
Solusi untuk ini bisa melalui hardware atau microcontroller dan sedikit software. 
Output sistim tergantung dari kondisi sebelumnya, jadi diperlukan rangkaian sequential logic.  Untuk ini saya memakai rangkaian combinatorial logic ditambah flip-flop (flip-flop untuk menyimpan state sebelumnya).

Aljabar Boolean

Aljabar Boolean

Parameter Desain  
 Setelah membuat Karnaugh map saya mendapat fungsi seperti digambar2. Maaf tidak ada gambar K-map ,  karena 6 variabel, jadi males bikin grafiknya.

X, Y dan Z adalah state sekarang, x,y dan z adalah state berikutnya

Picture

Rangkaian TTL

Rangkaian TTL
Rangkaian berhasil disimulasi dalam EWB5, meski ada spike (dengan model ideal). Tapi secara keseluruhan rangkaian bisa bekerja. Saya memakai simulasi hanya untuk memastikan kaau idenya bisa dijalankan. Rangkaian yang gagal dalam simulasi pasti tidak berfungsi. Sedang yang berhasil dalam simulasi, belum tentu bekerja dalam kenyataan. Untuk mendebug, lebih baik dilakukan dirangkaian asli.

Setelah rangkaian dibuat, tidak ada masalah dengan spike.  Rangkaian ini harus menerima input yang sudah bersih. Untuk output juga perlu rangkaian tambahan sebelum bisa dipakai.. 

TTL circuit

TTL Circuit

Pembuatan dan Testing 
Supply yang diperlukan adalah 5V. Di PCB saya menyediakan tempat untuk input debouncing, tapi dalam produksi, input debouncing dibuat di PCB terpisah. Tombol besar dikanan dipakaiuntuk mereset rangkaian.

Di video dibawah bisa dilihat kalau ada masalah dengan switch input. Berikutnya diperlukan rangkaian input  debouncing dan driver output  Saya memisahkan input dan output karena menginginkan sistim yang modular.

Di artikel berikutnya saya akan bahas tentang input debouncing dan rangkaian outputnya.

Bill of Material
IC 7408 - 4 pcs
IC 7414 - 1 pcs

IC 7472 - 2 pcs
IC 7432 - 2 pcs
Kapasitor 0,1uF - 9 pcs
Saklar 1 pole - 3 pcs
Saklar 2 pole - 1 pcs

File PCBExpress & Electronic Workbench 5

swi-7472-1a.pcb
File Size: 17 kb
File Type: pcb
Download File

swi-7473-test5-5.ewb
File Size: 54 kb
File Type: ewb
Download File

NEXT  : Raspberry Pi
PREV : Bikin PCB
Author:

dhimas
2/8/2012 04:11:28 am

Cukup menarik idenya....
saya butuh bantuan ide nih gan....ada peralatan digital yang membaca voltage...saya butuh tambahan rangkaian indikator...
Kondisi : saat peralatan digital saya membaca 100volt, saya perlu indikator yang menyatakan kondisi darurat...

Ada ide gan..baiknya saya buat rangkaian seperti ap?

NB:bantu kirim ke email ya

Reply
Dipo
2/13/2012 12:27:05 am

Maaf saya tidak tahu output peralatan anda. Tapi pada prinsipnya, output itu bisa dijadikan sinyal on/off untuk menyalakan LED atau indikator lainmya

Reply



Leave a Reply.


© Copyright www.wiratama.net - All Rights Reserved